Starbucks Caramel Frappuccino

Gerak Hewan di Darat

  • Juli 29, 2019
  • By Jessica Vern Dealova Purwanto
  • 0 Comments

Hewan yang hidup di darat pada umumnya memiliki otot dan struktur tulang yang kuat. Otot dan tulang ini diperlukan hewan darat untuk mengatasi kecenderungan tidak bergerak atau inersia dan juga untuk menyimpan energi pegas untuk digunakan melakukan berbagai aktivitas.
  • Gerak pada reptil
Hewan yang termasuk dalam kelompok reptil, antara lain ular, kadal, cicak, buaya, dan kura-kura.
Reptil bergerak dengan cara merayap atau melata, baik pada saat di darat maupun air. Ular, sebagai contoh dari reptil, memiliki struktur tulang yang terdiri dari tulang tengkorak, tulang badan, dan tulang ekor.
Struktur Tubuh Ular
Tulang badan ular tersusun atas ratusan ruas tulang belakang dan tulang rusuk ular terhubung dengan tulang belakang yang dibalut oleh otot-otot kuat dan lentur. Struktur tulang inilah yang menyebabkan ular dapat meliuk-liuk di tanah dengan cepat.
  • Gerak pada Mamalia
Kelompok hewan mamalia antara lain kerbau, sapi, gajah, dan kuda. Hewan mamalia yang bertubuh besar, seperti gajah dan kerbau harus melawan inersia yang nilainya juga besar.
Akan tetapi karena perbedaan struktur tulang dan otot kedua hewan tersebut, maka hewan tersebut tetap dapat bergerak dengan lincah.
Sebenarnya, kelincahan hewan mamalia saat bergerak tergantung pada kekuatan kaki belakangnya untuk memberikan dorongan ke depan.
Hewan mamalia dengan struktur tulang yang kuat dan kaki yang ramping, seperti kijang dan cheetah akan memiliki elastisitas tinggi saat melompat.
Bentuk kaki yang ramping menjadikan kijang dan cheetah mampu melompat lebih banyak di udara saat berlari kencang.

You Might Also Like

0 komentar